Apa Itu Crypto Mining Rig? Begini Penjelasannya!

Posted on

apa itu crypto mining rig — Selamat tiba ke pedoman Mining Rig Ethereum di mana kamu akan belajar seluruh mengenai hal-hal yg engkau perlukan buat membuat rig (set perangkat penambangan mata uang kripto atau cryptocurrency) buat mining Ethereum!

Dalam panduan ini, aku akan mengajarkanmu semua tentang cara menciptakan sendiri GPU mining rig buat menambang Ethereum. Saya akan menjelaskan secara singkat apa sebenarnya yang dimaksud waktu kita berbicara mengenai mining Ethereum & mengapa engkau patut untuk mempertimbangkannya.

Pada akhir panduan pembuatan mining rig Ethereum ini, engkau akan memiliki pengetahuan yang cukup buat menciptakan GPU mining rig mu sendiri & mulai menambang Ethereum.

Seperti biasa, ada banyak yg akan kita bahas buat membuat sendiri GPU mining rig. Mari kita mulai!

apa itu crypto mining rig
apa itu crypto mining rig

(Kalau engkau telah akrab dengan konsep mining Ethereum, silakan melompati bagian “apa itu mining rig Ethereum”)

Apa itu Mining Ethereum?

Ethereum merupakan jaringan pada kembali mata uang kripto (cryptocurrency) berbasis blockchain yaitu, Ether. Blockchain merupakan misalnya catatan transaksi bank. Tentunya, engkau perlu buat mempercayai bankmu untuk terus mengupdate catatan transaksi ini & membuatnya seakurat mungkin.

Dengan mata uang kripto, kamu nir perlu buat meresikokan kepercayaanmu pada sebuah entitas tunggal. Kamu hanya perlu buat mempercayai kode asal terbuka dengan penilaian sejawat (peer-reviewed). Bukan sebuah kebetulan bahwa mata uang digital pertama yang berbasis-blockchain dibentuk eksklusif sehabis krisis moneter 2008!

Untuk memastikan bahwa tidak ada yang mencurangi sistem ini dan semua orang memakai satu koin Ether buat satu kali saja, terdapat sistem komputer yang khusus buat mengamankan jaringannya. Sistem ini disebut dianggap dengan “miners” yg artinya para penambang. Ketika kamu melakukan sebuah transaksi di pada jaringan Ethereum, para penambang mengusut bila semua peraturan jaringan sudah terpenuhi, dan jikalau alamat pengirim mempunyai jumlah ETH yang dibutuhkan buat membuat transaksi tersebut.

Para penambang ini kemudian mengelompokkan transaksi-transaksi ke dalam sebuah blok. Untuk menambah blok baru ke dalam jaringan, para penambang harus menebak rangkaian karakter yang unik buat blok tadi. Rangkaian karakter ini dinamakan sebagai “hash” blok tadi.

Setiap blok juga mengandung hash menurut blok sebelumnya, & pula hash baru yg perlu ditebak oleh para penambang. Dengan mengandung hash blok sebelumnya, para penambang bisa mengecek jikalau transaksi yang dikandung sang blok tertentu memang dibuat dan dibubuhi selesainya blok yg sebelumnya. Deretan (misalnya rantai) blok-blok ini disebut menjadi blockchain (rantai blok).

Ketika salah satu penambang di jaringan menebak hash blok yang mereka ingin tambahkan, blok ini lalu ditambah ke dalam blockchain. Proses menebak ini dianggap “proof-of-work”.

Ini adalah satu-satunya fitur keamanan yg terpenting pada mata uang kripto berbasis blockchain. Ingin tahu lebih lanjut? Baca panduan mining Ethereum saya di sini.Hadiah Blok dan Bayaran Penambangan

Jadi, apa yang menciptakan kamu ingin buat menambang Ethereum? Yang menghabiskan uang untuk membayar tagihan listrik dan sistem komputer buat mengamankan jaringan hanya lantaran niat baik, kan?!

Apa Itu Crypto Mining RIG?

banyak yang bertanya tentang apa itu crypto mining rig, crypto mining rig merupakan suatu alat yang digunakan untuk menambang koin. tentunya dengan komputer dengan spesifikasi yang tinggi dan juga kebutuhan listrik yang besar.

Jawabannya sangat sederhana. Untuk uang.

Ketika seorang penambang berhasil buat menambah sebuah blok ke pada blockchain, mereka menerima sesuatu yg diklaim hibah/imbalan blok. Mereka pula mendapat semua porto yg termasuk di dalam transaksi yang mereka masukkan ke dalam blockchain. Janji imbalan koin ETH setiap kali berhasil menambahkan blok baru ke pada rantai (chain) merupakan insentif keuangan yang bertenaga bagi para penambang untuk mining/menambang dalam blockchain Ethereum.Apa itu Mining Rig Ethereum?

Sebetulnya engkau dapat menambang Ethereum menurut personal komputer gaming (personal komputer yang dibuat khusus buat bermain game). Akan tetapi, untuk membuatnya seefesien mungkin, engkau bisa menciptakan sebuah unit atau set yg mempunyai tujuan hanya buat mining Ethereum. Ini memang memakan sedikit saat & tidak begitu murah. Namun, ini menciptakan proses menambang Ethereum jauh lebih efisien daripada hanya menggunakan sistem komputer yang biasa.

Sebuah mining rig Ethereum (nama buat set unit perangkat yang dibuat hanya buat penambangan) merupakan sebuah sistem personal komputer yg sudah dibuat & dirakit buat Sumber: unitexmart

Komponen yang paling krusial menurut mining rig Ethereum merupakan unit catu daya (power supply unit) & GPU itu sendiri. GPU merupakan kependekan dari Graphics Processing Unit. Unit inilah yang menaruh personal komputer gaming yang sophisticated kapasitas buat memainkan grafis spektakuler yang dimiliki game PC (Personal Computer) modern. Unit ini jua rupawan buat membuat banyak tebakan hash pada blok-blok Ethereum di dalam saat sesingkat mungkin.

Mining rig Ethereum umumnya memiliki setidaknya 2 GPU misalnya ini. Tetapi sebuah rig bisa menampung banyak lagi GPU. Berapa poly GPU yg kamu inginkan akan bergantung kepada aturan dana yg kamu alokasikan buat menciptakan sendiri GPU mining. Pastinya semakin banyak GPU yang kamu punya, semakin akbar (& semakin mahal) catu daya yang diperlukan. Belum lagi, kamu akan memerlukan lebih banyak komponen tambahan untuk menciptakan seluruh alat-alat ini bekerja.Penemuan Paling Disukai

Mencari informasi yang lebih mendalam tentang topik terkait? Kami sudah mengumpulkan artikel serupa buat Anda. Yuk kita lihat!Apa yang Kamu Perlukan buat Membuat Sebuah Mining Rig Ethereum

Sebelum aku memulai menyebutkan cara membuat mining rig, gw akan menampakan semua yg kamu perlukan. Perlengkapannya akan sedikit tidak selaras bergantung kepada komponen-komponen yang akan kamu pakai.

Untuk menciptakan mining rig Ethereum kamu yg pertama, kamu akan membutuhkan:

Hardware penambangan Ethereum

Software penambangan Ethereum

Material atau bahan-bahan untuk merakit rigHardware Penambangan Ethereum

Ada banyak jenis GPU yg bisa dipilih ketika merakit sendiri mining rig Ethereum milikmu. Manufaktur yang paling terkenal adalah AMD dan NVIDIA.

GPU jenis apa saja bisa dipakai buat mining Ethereum. Namun, aku secara spesifik menganjurkan hardware di bawah buat rig engkau :

  • NVIDIA GeForce GTX1070.
  • AMD Radeon RX580.
  • NVIDIA GeForce GTX1060.
  • AMD Radeon RX Vega 56.
  • NVIDIA GeForce GTX1080 Ti.
  • NVIDIA GeForce GTX1070 Ti.

Software Penambangan Ethereum

Sama misalnya banyaknya pilihan buat hardware penambangan Ethereum, pilihan software buat menambang juga tak terhitung jumlahnya. Namun, panduan ini bukan mengenai software terbaik pada luar sana, jadi gw akan membuatnya singkat saja.

Kalau kamu belum begitu paham ketika aku mengatakan mining software (perangkat lunak penambangan), ini sebetulnya sebuah acara yg menyambungkan mining rig Ethereum engkau kepada jaringan Ethereum.

PERINGATAN! Mengunduh aplikasi mining dapat menjadi permainan yang berbahaya. Ada poly peristiwa di mana software dursila melekat pada paket software mining. Program misalnya ini dapat mencuri koin Ether yg kamu peroleh menurut penambangan. Kamu sudah diperingatkan!

Beberapa perangkat lunak mining terbaik buat mining rig adalah:

  • EthOS
  • Claymore
  • Geth

Perlengkapan Mining Rig

Sebelum kamu memulai merakit mining rig Ethereum, periksa bahwa kamu memiliki semua komponen & perangkat-perangkat di bawah. Seluruh proses perakitan umumnya merogoh saat sekitar satu jam jika kamu memiliki seluruh yg kamu perlukan sebelum mulai merakit. Kamu akan siap sedia buat mulai menambang dengan segera.

Untuk merakit mining rig Ethereum kamu, kamu akan memerlukan barang-barang di bawah:

  • Papan sudut aluminium (Angled aluminium) panjang (5×24”, 8×14”)
  • Balok kayu (3x 1”x1”)
  • Unit catu daya yang mampu menyalakan seluruh komponen
  • Papan induk (Motherboard)
  • Kabel listrik
  • Random access memory (RAM)
  • Central Processing Unit (CPU)
  • Kipas heatsink
  • Penaik daya (powered riser

Nah itulah ulasan apa itu crypto mining rig dari karyaadalahdoa.id, semoga bermanfaat!